APM TRAVEL BLOG

Postingan Terbaru Kami

Selepas beribadah Haji terkadang masih menyisakan waktu. Saatnya berwisata ke Museum Haramain untuk melihat sejarah. Mengapa tempat ini menjadi begitu penting untuk dikunjungi. Di sini, anda akan menemukan sejarah dua Masjid suci, berisi aneka peninggalan dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Ada beberapa orang yang akan melanjutkan Ibadah Umroh. Adapula yang akan berkunjung untuk belanja, atau menyusuri jejak Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Jikalau anda termasuk yang ingin berkunjung ke tempat- tempat bersejarah. Maka Museum Haramain menjadi pilihan utama untuk anda.

Dalam satu museum ini terdapat sejarah dua Masjid Suci. Anda bisa melihat sejarah Masjidil Haram dari arsitektur awalnya. Itu bisa berupa rekaman berupa foto maupun peninggalan benda. Ambil contoh tralis sumur zam- zam yang dahulu. Atau pintu menuju Ka'bah yang terbuat dari kayu yang masih kokoh.

Museum Raja Fahd

Jamaah sering menyebutnya sebagai museum Raja Fahd. Karena memang ini dibangun oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz, yang menyebutnya The Exhibition of Two Holy Mosque Architecture. Museum ini berada di perbukitan Ummu Joud, Mekkah, yang gamblang menjabarkan sejarah dua masjid.

Selain sejarah masa lalu, di sini ada miniatur pembangunan Masjidil Haram. Anda akan melihat canggihnya perluasan Ka'bah di masa depan. Menurut arti bahasa sendiri Hariaman berarti sejarah dua masjid.

"Di sini kita akan tau lho sejarah pertama kalinya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi," ucap seorang Jamaah Haji.

Kita dapat bereksplorasi melalui diorama, foto, atau peninggalan langsung. Semua peninggalan berupa pintu Ka'bah dan Kiswah. Semuanya merupakan masih asli terawat sampai sekarang. Anda bisa melihat pula Makam Ibrahim. Sedangkan gedungnya sendiri satu tempat dengan tempat Kiswah dibuat.



Jika anda hendak menuju ke Hudaibiyah akan melewati. Tempatnya di Jalan Jeddah Gadim atau Jalan Jeddah Lama. Cukup 30 menit berjalan dari Masjidil Haram selepas Ibadah Haji. Berwisata ke Museum Haramain memberikan sensasi sendiri. Pasalnya anda cukup datang ke satu tempat sudah menemukan semua.

Katanya Jamaah Haji Indonesia paling senang ke sini. Kami pun, Travel APM, untuk Umroh juga membuka kesempatan anda untuk berkunjung. Selain bersejarah tempatnya juga ramah video dan foto. Alhasil banyak Jamaah yang mengabadikan kegiatan mereka. Selain itu masuknya ke dalam juga gratis.

Museumnya tidak luas melainkan hanya 400 meter persegi. Menjadi istimewa karena di sana jadi pusat sejarah Arab Saudi sendiri. Museum Haramain seolah menjadi miniatur peradaban Islam dan kebudayaan Arab. Bangunannya yang berdiri sejak 19 tahun silam, memiliki tujuh buah ruangan yang bertema.

Ada dua ruang besar yang bertema Kota Mekkah dan Madinah. Di sini ada menara Masjidil Haram, Kiswah lama, alat tenun Kiswah, replika sumur zam- zam dengan ember, tiang penyangga di dalam Ka'bah, dan minatur perluasan Masjid Suci. Yang paling menarik perhatian ialah kumpulan foto tempo dulu.

Koleksi tertua museum ini adalah tiang penyangga Ka'bah. Di tiang tersebut terdapat kode tanggal yang tertulis 65 Hijriyah. Adapula manuskrip Al Quran tempo dulu yang pernah dicetak. Pokoknya kalau mau berkunjung banyak tempat dalam satu waktu, maka di berwisata di Museum Haramain tempatnya.

Post a comment

ALAMAT

Amanah Perkasa Madinah Travel
Amanah & Terpercaya
Ruko Mutiara Taman Palem Blok D1 No. 55
Cengkareng Jakarta Barat