APM TRAVEL BLOG

Postingan Terbaru Kami

Bukanlah sekedar tugu melainkan bukti sejarah. Wisata religi Jabal Rahmah memberikan kita saksi. Di sini, di Jabal Rahmah tempatnya pristiwa dahsyat menimpa tiga Nabi. Mungkin anda hanya tau mengenai pristiwa Nabi Ibrahim dan Siti Hawa. Disini lah mereka dipertemukan kembali setelah lama terpisah.

Namun, lebih dari itu, inilah tempatnya Nabi Ibrahim merenungi ketuhanan. Tempatnya berpikir mengenai pristiwa pengorbanan putranya Ismail. Tentang pengorbanan Beliau untuk menyembelih putranya sendiri. Pristiwa terkahir, di Jabal Rahmah pula, yaitu turunnya Wahyu terakhir untuk Rasulullah.

Tugu tinggi persegi empat yang tingginya 8 meter. Sementara Jabal Rahmah sendiri memiliki tinggi 70 meter. Orang sering mengidentikan tugunya sebagai peninggalan. Faktanya itu hanyalah tanda bukanlah sesuatu yang khusus. Secara sejarah yang kita hayati ialah berdiri di atas bukitnya, Jabal Rahmah.

Disini banyak orang berdoa dan memohon kepada Allah. Wisata religi Jabal Rahmah juga memiliki hikmah. Apa yang bisa kita pelajari sangatlah banyak. Berikut apa saja yang dapat anda dapatkan dari tempat ini:

 1. Tempat Bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa

Hikmah dari pertemuan keduanya adalah berkah. Tanpa bertemu keduanya maka manusia dipastikan akan musnah. Hikmah lainnya ialah bersyukur bahwa Nabi Adam sadar. Beliau menyadari segala dosanya, dan memohonkan ampunan kepada Allah SWT, bayangkan apabila tidak ada rasa kesadaran itu.

Manusia akan tidak menemukan alasan dirinya hidup. Tugas yang semula diemban oleh Nabi Adam dan Siti Hawa sirna. Dengan doa yang dipanjatkan oleh sang Nabi barulah: Seluruh mmat manusia kembali mendapatkan haknya atas Surga, asalkan mampu melanjutkan tugasnya sebagai hamba Allah.

Dari kesalahan Nabi Adam kita menemukan siapa musuh kita. Bahwasanya tidak semua yang kita temui akan memberi kebaikan. Sama- sama diciptakan oleh Allah SWT, ternyata iblis menyimpan rasa iri terhadap keberadaan manusia. Maka hendaknya manusia menahan dirinya karena iblis akan selalu ada.

Kita belajar bahwa Allah Maha Penerima Tobat. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Maka manusia hendaknya memanfaatkan kesempatan tersebut. Perbaiki diri hingga kita bisa kembali ke sisi -Nya, di Surga. Janganlah melanggar lagi aturan yang ditetapkan oleh Allah.

2. Mimpi Nabi Ibrahim

Suatu hari Beliau diberikan mimpi berulang- ulang. Dalam mimpinya terdapat perintah untuk menyembelih putranya, Ismal. Bagaimana mungkin orang tua tega membunuh anaknya. Apalagi Beliau merupakan putra tunggal, dan satu- satunya. Di Jabal Rahmah adalah saksi akan pristiwa tersebut terjadi.

Nabi Ibrahim terus mencari tau maksud dari mimpinya. Apakah ini godaan dari iblis yang akan menyesatkannya. Yang akan membuat Nabi Ibrahim berbuat dosa besar membunuh. Nah, di sini lah, Jabal Rahmah tempatnya menghayati hingga berkesimpulan: Bahwa inilah perintah Allah bukan tipu muslihat iblis.

Anda saja Beliau memilih mengindahkan mimpi- mimpi itu. Tidak merenunginya di atas Jabal Rahmah pastilah tidak terjadi. Hasilnya mungkin kemarahan Allah atas ketidak patuhannya. Juga menjadi kerugian bagi umat Islam. Pasalnya berkurban merupakan satu Ibadah yang memiliki pahala luar biasa.

Di dekat sana terdapat tempat melempar Jumroh atau Jamarat. Tempatnya setan dilempari batu untuk diusir. Pristiwa tersebut lantas menjadi salah satu dari syarat Haji yang wajib.

3. Wahyu Terakhir Nabi

Jabal Rahmah tempat Rasulullah menyampaikan dakwah pamungkasnya. Dimana Beliau telah menyempurnakan Islam. Dakwah tersebut disambut gembari oleh Umat Muslim. Pasalnya saat itu penduduk Mekkah telah bersatu, dan Umat Islam telah mendapat haknya atas Masjidil Haram untuk ibadah.

Dibawah terik matahari Beliau menyampaikan Surat AL Nasr. Tidak sedikit Sehabat yang merasakan sesuatu dibalik ini. Abu Bakar Ashidiq dan Umar bin Khattab khususnya. Kedua Sahabat terdekat Rasulullah ini menangis. Mereka menyadari dibalik kemenangan ini, akan ada kehilangan besar yang datang.

Rasulullah tidak cuma berdakwah tetapi memohonkan ampunan. Beliau juga berdoa atas nama Umat Islam hingga akhir jaman. Nabi Muhammad memohonkan ampunan atas kita. Umat Islam kehilangan Rasulullah setelahnya. Kita semuanya menangis ketika ditinggal Beliau, namun doanya selalu ada hingga kini.

Wisata religi Jabal Rahmah memiliki banyak hikmah. Diatas hanya beberapa yang dapat kita resapi dan petik pelajaran. Setiap kejadian berhubungan satu sama lainnya. Bahwa Nabi Adam memberi kesempatan bertobat, penebusan dosa yang dilakukan Nabi Ibrahim, dan sempurnanya Islam oleh Rasulullah.

Post a comment

ALAMAT

Amanah Perkasa Madinah Travel
Amanah & Terpercaya
Ruko Mutiara Taman Palem Blok D1 No. 55
Cengkareng Jakarta Barat