APM TRAVEL BLOG

Postingan Terbaru Kami

Berbagai kemudah telah diberikan Pemerintah dan Travel. Terus persiapan sebelum berangkat Umroh 2019. Apa saja yang kita butuhkan agar Ibadah kita optimal. Sudah selesai mengurusi dokumen hingga melunasi biaya keberangkatan. Anda sebagai Jamaah Umroh perlu memperhatikan beberapa hal.

Terkadang masalah- masalah berikut dianggap remeh. Padahal dampaknya akan besar ketika sampai di sana. Tidak sedikit Jamaah Umroh gagal berangkat Umroh. Kalaupun berhasil hanya karena kurang persiapan: Direktur Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), menyebut:

1. Melakukan General Check Up

Ada baiknya anda mengetahui keadaan kesehatan diri sendiri. Walaupun sudah merasa sehat belum tentu faktanya. Pemeriksaan umum atau general check up menyeluruh. Mulai dari tekanan darah sampai kondisi gula. Mulalailah anda memeriksa tensi darah, rekam jantung, rentogen, dan sebagainya.

Pemeriksaan dini juga akan berguna kelak diluar Umroh. Secara umum anda akan membaca keadaan fisik terbaru. Ingat kondisi bisa berubah apalagi banyak virus baru yang bermunculan. Seperti baru- baru ini kita menemukan varian cacar baru. Anda mencegah lebih baik dibanding mengobatinya kelak nanti.

Pemerintah Saudi sendiri mewajibkan vaksinasi penyakit. Beberapa telah didaftar untuk wajib Jamaah lakukan. Berita mengenai penggunaan bahan tidak halal merebak. Namun kewajiban oleh Pemerintah Saudi tidak bisa dielak. Beberapa orang yang anti- vaksi mau tidak mau harus menyertai laporan vaksin.

2. Tinggalkan Gaya Hidup Tidak Sehat

Ketika mendaftar pekerjaan terkadang harus melewati tes. Mereka akan mengukur tingkat kesehatan anda nanti. Nah, kalau melamar pekerjaan saja harus dites, sudah saatnya anda meninggalkan gaya hidup tidak sehat. Jagalah pola makan anda dan olah raga rutin, berjalan- jalan lebih baik daripada berlari.

Buat mereka yang merokok maka berhentilah. Hindari sesuatu yang memperburuk kesehatan anda. Gaya hidup sehat tidak cuma buat Umroh. Ketika nanti barhaji pun akan dipermudah, Insya Allah, dengan gaya hidup sehat maka doa kita akan dikabulkan. Anda mungkin bisa menyusul Haji selepas Umroh.

Merokok akan menganggu pernafasan anda ketika di sana. Arab Saudi dikenal memiliki cuaca yang ekstrim. Ditambah dengan pemanasan global, menurut cerita bahkan di Arab Saudi sudah turun salju di padang pasir.

3. Stress Memincu Penyakit

Mereka yang sudah hidup sehat pun dapat terkena penyakit. Sebab utamanya ialah stress yang memicu penyakit. Jantung yang tidak berdetak teratur karena tekanan dari luar. Atau anda yang kurang nafsu makan ketika perjalanan. Ingat ini adalah ibadah maka tinggalkan kenyamanan ketika di tanah air.

Hindari kegiatan yang tidak penting dilakukan sebelum Umroh. Itu mungkin akan memicu masalah yang menimbulkan stress. Semisal anda memilih bekerja lembur sebelum berangkat. Pahami bahwa kesehatan jasmani terhubung psikis. Kesehatan tubuh terawat begitu juga pola pikir kita, maka hindari stress.

4. Ketahui Mengenai Fasilitas

Kusus untuk Haji pemerintah telah menyiapkan fasilita khusus. Untuk Umroh sendiri ada beberapa fasilitas umum. Seperti halnya nomor kontak KBRI atau fasilitas kesehatan di sana. Tanyakan ini kepada tour leader anda. Mulai dari bertanya dimana pusat kesehatan, tempat mandi dan toilet, dan lainnya.

Kalau anda memiliki penyakit khusus tanyakan dokter pribadi. Apakah anda membutuhkan obat tertentu selama perjalanan. Mungkin juga apakah anda butuh pendampingan khusus. Bawalah obat- obatan khusus anda ketika berangkat. Tanyakan pula mengenai penyakit yang mungkin mengintai di sana.

Post a comment

ALAMAT

Amanah Perkasa Madinah Travel
Amanah & Terpercaya
Ruko Mutiara Taman Palem Blok D1 No. 55
Cengkareng Jakarta Barat