APM TRAVEL BLOG

Postingan Terbaru Kami

Seperti halnya menara Eiffel sejarah Hagia Sophia ikonik. Travel wisata Turki tak akan lengkap jika tak ke sini. Berbicara mengenai Perancis, orang akan menyebut menara Eiffel. Nah, kalau berbicara mengenai Turki, orang meliat Hagia Sophia ikonnya. Namu apakah sejarahnya berdiri bangunan tersebut.

Struktur bangunannya merupakan wujud kebudayan Turki. Bangunan ini merupakan pengait untuk Kota Istanbul. Dia merupakan perwujudan peradaban masa lalu. Bangunannya merupakan gabungan antara Kriten Ortodox dan Islam. Hagia Sophia atau Ayasofya, merupakan basilika untuk Kristen Ortodok Yunani.

Emperor Constantius dari Bizantium menjadi penggagasnya. Rencana arsitektur utama pertama kali dimulai 360 AD. Pada waktunya dibangun sebagai Gereja untuk mereka sendiri. Waktu itu Turki masih bernama Konstantinopel, yang namanya berasal dari nama ayah Constantius, yang bernama Constantine I.

Hancurnya Hagia Sophia

Bangunan Hagia Sophia pernah hancur pada 404 AD. Itu diakibatkan oleh kekacauan karena politik internal. Ini terjadi karena perebutan kekuasaan dalam Emperor Arkadios, yang memiliki kekuasaan 395- 408 AD. Kemudian Emperor Theodosios II membangun Hagia Sophia, yang dulunya beratap kayu.

Struktur baru gereja ini dikembangkan lebih meluas pada 415. Tetapi mereka masih mempertahankan bahan kayu. Agar nampak lebih megah terdapat gerbang masuk berbahan kayu pula. Sayangnya, satu abad kemudian, inilah yang menjadi masalah. Sampai suatu ketika, terjadi kembali kebakaran yang kedua kalinya.

Kebakaran disebabkan karena revolusi Nika kepada Justinian I, yang berkuasa 527- 565 AD. Untuk kerusakan kedua ini tidak dapat diperbaiki. Alhasil Emperor Justinian I berniat menghancur leburkan Hagia Sophia. Sejarah Hagia Sophia sebagai gereja masih berlanjut, hancur 532 kemudia dibangun kembali.

Oleh dua arsitektur Isidoros dan Anthemios maka gereja basilika ini kembali. Pembukaan tempatnya sebagai gereja pada 27 Desember 537. Emperor Justinian kemudian membukanya dengan sebuah pidato. "Tuhanku, terim kasih telah memberikan ku kesempatan membuat tempat ibadah yang begitu indah"

Untuk pembukaanya sangat spektakuler karena megah. Strukturnya telah lebih modern dengan bahan porselin. Hagia Sophia memiliki ruangan ibadah yang luas, altar megah, dan atap berbentuk kubah. Dalam kubahnya terdapat arsitektur mosaik Malaikat bersayap enam, dan masih banyak lagi arsitekturnya.

Mengapa menjadi sangat megah dengan arsitektur unik. Itu berkat Emperor Justinian yang meminta semua penduduk datang. Dia meminta arsitektur dari semua warga dibawah provinsi itu. Bahan keramik digunakan di lantai, dan atap- atapnya juga yang berasal dari daerah Anatolia (Utara Turki kini).

Interoir paling menarik ialah gradasi keramik seperti ombak. Dia, Hagia Sophia, juga memiliki 104 kolom yang diambil dari Kuil Artemis, Mesir. Gedungnya setinggi 269 panjang dan 240 luas, dan titik tertingginya, 180 kaki untuk ukuran kubahnya. Tahun 557, itu rusak pada kubahnya pada 557, dan diperbaiki.

Kubah besarnya kemudian didukung melingkar oleh dua kubah. Dinding- dindingnya terdapat aneka lukisan mosaik dari Bizantium. Lukisanya terbuat dari emas, perak, gelas, tera kota, dan batu- batuan berwarna. Mereka bercerita mengenai kejadian- kejadian di dalam kitab injil, seperti Malaikat, Surga, dll.

Travel Wisata Turki Sejarah Islam

Pengaruh arsitektur Islam pada Ayasofi dibawa Ottoman. Dalam kekuasaannya gereja ini diubah menjadi masjid. Lukisan mosaik di dalam gereja kemudian ditutup hampir semuanya. Terutama yang menyangkut pristiwa dalam kitab injil. Kemudian ditambah aneka kaligrafi Islami buatan Kazasker Mustafa Izzet.

Arsitektur Islam paling menonjol di Hagia Sophia ada di depan. Di atas mimbarnya terdapat dua mendali besar kanan dan kiri. Di dalamnya terdapat kaligrafi Allah dan Rasulullah, yang didampingi kaligrafi nama Khalifah pertama dan dua cucuk Nabi. Mosaik utama yang berisi gambaran yesus juga ditutupi.

Mihrab dipasang menempel di dalam dinding, yang ditaruh di depan mengarah ke Kota Mekkah. Emperor Ottoman, Kanuni Sultan Sulayman tahun 1520- 1566, memasang dua lampu perunggu di dua sisi Mihrabnya. Sultan Murad III pada 1574- 1595 menambah dua kubus keramik dari Baragma, Turki, pada 4 BC.

Empat buah menara dibangun di atas Ayasofia kemudian, yang difungsikan sebagai tempat Muazin beradzan. Hingga terjadi gempa bumi yang meruntuhkan sebagian pilarnya itu. Dibawah Sultan Abdulmejid, pada 1847- 1849, renovasi besar- besaran dilakukan oleh arsitektur Swiss, Fossati Brother.

Sejak 1935, sembilan tahun setelah Republik Turki lahir, maka berdirilah Ataturk yang berfungsi sebagai musem. Alhasil travel wisata Turki mendatangkan lebih banyak pengunjung. Bahkan itu mampu menarik 3 juta pengunjung. Kedudukannya sebagai museum disetujui oleh dua belah pihak agama.

Post a comment

ALAMAT

Amanah Perkasa Madinah Travel
Amanah & Terpercaya
Ruko Mutiara Taman Palem Blok D1 No. 55
Cengkareng Jakarta Barat