APM TRAVEL BLOG

Postingan Terbaru Kami

Ada kisah dibalik wisata Masjid Jiranah di Mekkah. Disinilah tempat Rasulullah miqat sebelum berumroh. Napak tilas wisatanya dapat anda lengkapi dengan artikel ini. Letaknya di perkampungan Ji'Ranah di Wadi Saraf, 24 kilometer ke arah timur laut Masjidil Haram, berarsitektur unik yang masih terawat.

Dahulu di tempat itu tidak terdapat sumur atau sumber air. Dikala itu pasukan Rasulullah berhenti karena kelelahan. Mereka kehausan namun tidak menemukan sumber air. Maka dengan tongkatnya, Rasulullah memukul tanah dan munculah mata. Sembari minum mereka membagikan harta rampasan perang.

Itu adalah harta ghanimah hasil kemenangan perang Hunain. Sembari membagi harta mereka minum dari mata air yang terus memancar. Airnya tidak berhenti hingga dibuatkan sebuah sumur. Menurut cerita airnya dapat digunakan untuk menyembuhkan. Ahlasil banyak orang berdatangan untuk berziarah di sini.

Tempat Bermiqat Paling Afdal


Namun pada akhirnya pemerintah Saudi menutup sumur itu. Pasalnya mereka khawatir bahwa akan menjadi sumber kemusyrikan.

Selain kisah sumur wisata Masjid Jiranah juga karena Umroh. Taukah anda bahwa disinilah tempat Rasulullah berhenti. Beliau kemudian memakai Ihram dan bermiqat Umroh. Dari sinilah Beliau berjalan menuju Masjidil Haram, Kota Mekkah. Jika anda berwisata ke sini pada musim Umroh maka bermiqat lah.

Bermiqat di Jiranah bukanlah baik untuk penduduk Mekkah. Menurut Mazhab Syafi'i dan Hanafi, dikatakan bahwa orang Mekkah baiknya ke Tan'im. Sedangkan kita sebagai orang Indonesia yang berumroh, boleh dikatakan Jiranah merupakan tempat afdal untuk bermiqat dan mengenakan baju Ihram.

Dalilnya berdasarkan perintah Rasulullah ke Abdurrahman bin Abu Bakar. Beliau memintanya untuk  ke Masjid Aisyah, Tan'im, dan bermiqat dari sana (HR Bukhari Muslim). Kalaupun tidak bisa maka barulah datang ke Jiranah. Barulah ke Hudaibiyah, yang jaraknya lebih jauh, yakni ke utara Kota Mekkah.

Jaraknya Hudaibiyah, atau Ash Syumaishiyah, dari Kota Mekkah sendiri sejauh 23 km tetapi di sisi yang berbeda dari Jiranah. Derajat miqat di Jiranah sendiri dikenal lebih tinggi, walaupun secara fadilah sama saja. Disini juga dikenal sebagai tujuan wisata, memang tempatnya masih asri dan terpelihara.

Post a comment

ALAMAT

Amanah Perkasa Madinah Travel
Amanah & Terpercaya
Ruko Mutiara Taman Palem Blok D1 No. 55
Cengkareng Jakarta Barat